Nama : STRATEGI BELAJAR MENGAJAR MELALUI
PENANAMAN
KONSEP UMUM &
KONSEP ISLAMI
Pengarang : Prof. Pupuh Fathurrohman & M.
Sobry Sutikno, M.Pd
Penerbit : Refika Aditama
Kota : Bandung
Edisi / Cetakan : 2015
Jumlah Halaman : 156 hlm
Belajar dan mengajar para dasarnya adalah persoalan kompleks
dalam dunia pendidikan yang memerlukan pengembangan secara terus menerus.
Proses belajar mengajar yang melibatkan keberadaan guru dan murid adalah proses
yang dikelilingi begitu banyak masalah. Bagaimana mengajar yang baik, metode
apa yang mesti digunakan, bagaiman menciptakan suasana pembelajaran yang
mendukung tujuan pembelajaran seperti apa yang mesti dicapai, dsb. Oleh
karenanya penguasaan atas strategi belajar mengajar yang menyeluruh adalah wajib
adanya bagi seorang guru.
Buku ini
berisi paparan lengkap mengenai masalah belajar dan mengajar. Untuk
melaksanakan tugas secara professional, guru memerlukan wawasan yang mantap
tentang kemungkinan-kemungkinan strategi belajar mengajar yang sesuai dengan
tujuan belajar yang telah dirumuskan. Lebih jelas lagi dipaparkan dalam buku
ini konsep strategi belajar mengajar, hakikat proses belajar mengajar,
komponen-komponen belajar mengajar, strategi menumbbuhkan motivasi belajar,
belajar mengajar sebagai suatu system, membangun komunikasi dalam proses
belajar mengajar, kompetensi guru dalam mengelola proses belajar mengajar,
pengembangan tujuan pembelajaran, penggunaan media dalam proses belajar
mengajar, evaluasi dalam proses belajar mengajar, pengembangan variasi belajar,
teknik mendapatkan umpan balik, keberhasilan belajar mengajar, dan strategi
belajar mengajar berdasarkan konsep islami.
Disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan difahami,
disusun secara sistemastis dan dilengkapi dengan pembahasaan strategi belajar
dan mengajar berdasarkan konsep umum dan islami, buku ini penting dibaca para
mahasiswa pendidikan, para guru dan masyarakat umum yang peduli dan ingin
memajukan pendidikan nasional. Buku yang menarik untuk disimak. (Nia K.
Suryanegara. Pusat Data dan Riset)
0 Komentar